TC DAN APC
saya memiliki banyak kenalan yang kerjanya sebagai manager di warung makan, beberapa adalah milik keluarga mereka sendiri, beberapa adalah mereka sebagai profesional. Namun, masalah yang sering mereka hadapi adalah warung makannya tidak ramai. Biasanya mereka ambil kesimpulan, karena ekonomi sedang lesu namun kesimpulan ini adalah kesimpulan tanpa data karena faktanya kalau dicek, warung makan lain itu ramai tidak karu-karuan.
masalah yang umum saya temui mereka tidak punya strategi, asal promosi padahal produknya kualitasnya bagus namun karena mereka tidak paham hal-hal penting seperti TC dan APC maka strategi promosi mereka juga salah. Sebenarnya TC dan APC ini hal yang paling dasar termasuk dalam bisnis retail, namun banyak orang tidak tahu makhluk apa keduanya.
TC adalah Total Check yaitu jumlah Bill yang masuk dalam satu periode, misalnya jumlah bill periode pertama adalah 100 dan periode berikutnya adalah 200 maka kita bisa katakan jumlah TC naik namun kenaikan jumlah TC tidak selalu bagus karena kita perlu melihat APC atau Average per Check yaitu nilai rata-rata dari setiap bill yang masuk. Kalau ada 100 bill namun rata-rata hanya 200 ribu rupiah maka itu akan lebih buruk dibandingkan 80 Bill yang masuk namun rata-rata 1 juta rupiah.
keduanya tentu penting dan perlu dinaikkan namun strateginya berbeda, kalau mau naikin TC maka kita harus memperbanyak pelanggan datang ke tempat kita misalnya buat bazaar, buat event khusus untuk komunitas entah itu komunitas motor, komunitas wibu, buat lomba, dan segala jenis kegiatan yang bisa mendatangkan banyak orang. Sementara kalau mau naikkin APC kita harus buat paket misalnya paket hemat sekeluarga, paket hemat untuk dua orang, intinya buat pelanggan semakin banyak membeli.
Average yang besar dengan total bill yang kecil sama buruknya dengan average yang kecil dengan total bill yang besar, keduanya perlu dinaikkan. Diskon sekian persen bisa untuk meningkatkan TC ataupun APC, misalnya diskon sekian persen untuk yang ajak 3 temannya maka ini untuk menaikkan jumlah bill sementara kalau diskon sekian persen untuk pemesanan paket keluarga maka ini untuk menaikkan APC.
sebenarnya TC dan APC ini tidak hanya terpakai di warung makan tetapi bisnis retail juga bisa mengunakan ini, bisnis jasa juga bisa menggunakan strategi ini. Misalnya kita punya bisnis jasa kursus bahasa inggris, kalau ajak teman maka diskon 10% dan berlaku kelipatan maka kita sudah menaikkan TC, sedangkan kalau kita membuat diskon untuk paket kursus setahun maka kita meningkatkan APC. Keduanya wajib digabungkan kalau mau hasil maksimal namun tentu tetap memperhatikan SDM yang dimiliki, apakah mereka mampu mengeksekusinya atau tidak.
Komentar
Posting Komentar